SEKILAS INFO
: - Minggu, 29-01-2023
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WORKSHOP IKM, SMANKA MENYAMBUT KURIKULUM BARU

SMA N 1 Kademangan menyambut kurikulum baru dengan mengadakan workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jalur mandiri. Agenda tersebut dilaksanakan mulai hari Selasa (17 Mei 2022) sampai denga hari Rabu (18, Mei 2022). Workshop IKM diikuti oleh semua Ibu dan Bapak Guru SMAN 1 Kademangan tanpa terkecuali. Serta tidak lupa, pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Kepala Cabang Dinas Blitar.

Hari Pertama kegiatan workshop IKM dilalui beberapa rangkaian acara. Acara pembukaan dipandu oleh Ibu Yudianti, S.Pd selaku pembawa acara. Selepas itu, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya seluruh peserta workshop yang dipandu Ibu Devi Oktavi, S.Pd. Kemudian pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak M. Imron, S.Ag. Acara selnjutnya yaitu sambutan oleh Ibu Kepala Sekolah, Ibu Endah Purwati, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa, meskipun kurikulum berubah-ubah, Ibu/Bapak Guru SMAN 1 Kademangan tetap menyambut IKM dengan penuh semangat, karena sejatinya yang abadi adalah perubahan. Beliau juga menyampaikan titipan dari Mendikbud, bahwasannya kurikulum Merdeka diharapkan bisa meningkatkan kualitas sekolah menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar yang ada di dunia pendidikan (intoleransi, perundungan dan pelecehan seksual). Kurikulum Merdeka juga diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik dengan guru sebagai fasilitatornya.

Sambutan selanjutnya, disampaikan oleh Bapak Kacabdin Blitar, Bapak Solikin, S.Pd., M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa, kegiatan wokshop IKM ini dimaksudkan untuk menanggulangi pemulihan pengajaran yang selama ini terkendala adanya Covid-19. Beliau menyarankan kepada Ibu/Bapak Guru SMANKA untuk enjoy saja, tidak usah risau, karena semua akan berjalan dengan sendirinya. Terkait kurikulum baru, jika Ibu/Bapak Guru bingung harus bagaimana dan menerapkannya seperti apa, ada bimbingannya yang nanti disampaikan Bapak Pengawas. Beliau juga menyampaikan, jika sekarang ini semua serba mudah dan modern, oleh karenanya kurikulum Merdeka Belajar ini dimaksudkan untuk mengedepankan akhlak peserta didik, jadi bukan hanya nilai atau angka saja yang menjadi tolok ukurnya.

 

Acara inti workshop IKM ini disampaikan oleh narasumber, Bapak Yudho Sucitro, S.Pd., M.Pd. Beliau memberikan pemahaman kepada seluruh peserta workshop tentang: (1) refleksi pembelajaran paradigma baru, (2) Kepmendikbud, Permendikbud, dan KepKa BSKAP tentan Kurikulum Merdeka, (3) penyusunan KOSP,(4) pemahaman CP, TP, dan ATP, (5) penyusunan modul ajar, (6) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), (7) Asesmen diagnostic, formatif, dan sumatif, dan (8) E-rapor intrakurikuler dan kokurikuler (P5). Setelah pemberian materi tersampaikan, Ibu/Bapak Guru peserta workhop juga mendapatkan tugas melaksanakan praktik langsung menyusunan beberapa perangkat kurikulum baru tersebut.

Workshop IKM ini merupakan program berkelanjutan. Rencana ke depannya nanti akan ada kegiatan semacamnya di lingkup Ibu/Bapak Guru MGMP masing-masing mapel. Semoga seluruh keluarga besar SMAN 1 Kademangan tetap semangat menyongsong kurikulum Merdeka Belajar. SMAN 1 Kademangan: Maju Bersama Wujudkan Generasi Emas Bangsa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Sekolah

SMAN 1 KADEMANGAN

NPSN : 20514350

Jl. Kresna no 29
KEC. Kademangan
KAB. Blitar
PROV. Jawa Timur
KODE POS 66161
TELEPON 0342-804485
FAX 0342-804485
EMAIL smankademangan@yahoo.co.id